Rechercher dans ce blog

Sunday, March 8, 2020

Panic Selling Landa Bursa Asia, Bursa Tokyo Drop hingga 6% - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Asia berguguran pada perdagangan pagi ini, Senin (9/3/2020). Aksi panik jual (panic selling) terjadi karena para pialang dan investor mulai resah dengan perkembangan virus corona (COVID-19) yang berdampak pada ekonomi dunia serta kejatuhan harga minyak dunia.

Pada pertengahan perdagangan pagi, indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Tokyo telah turun 6,15% atau kehilangan 1.276 poin menjadi 19.473. Sementara indeks Topix juga di Bursa Tokyo, dengan konstituen yang lebih luas turun 5,01% atau 73,69 poin menjadi 1.397,77.

Pasar saham Hong Kong juga tercatat turun 4%, bursa Australia juga turun lebih dari 5 persen dan pasar saham di Selandia Baru dan Korea Selatan juga ambles di bawah 3%.


Di Bursa Shanghai China, indeks benchmark Shanghai Composite Index turun 1,56% sementara indeks bursa saham Filipina dibuka turun hampir 4%.
Selain efek corona, penggerak aksi jual besar-besaran di pasar saham dipicu oleh kejatuhan harga minyak, setelah rencana para produsen seperti Arab Saudi memangkas harga minyak gagal karena ketidaksepakatan dengan Rusia.

Harga dua kontrak minyak utama turun sekitar 20%, di mana harga minyak West Texas Intermediate merosot menjadi sekitar US$ 32 per barel dan minyak mentah Brent menjadi US$ 36 per barel.


Rilis data ekonomi Jepang membuat tekanan ke pasar saham makin menjadi. Produk domestik bruto negara Jepang selama kuartal Oktober-Desember direvisi turun menjadi kontraksi 1,8%, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya 1,6%.

"Sayangnya, setiap pemulihan di Q1 telah dicegah oleh penyebaran global virus corona," kata Tom Learnmouth, ekonom Jepang di Capital Economics seperti dikutip dari AFP.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/tas)

Let's block ads! (Why?)



"asia" - Google Berita
March 09, 2020 at 09:58AM
https://ift.tt/2v3N1XB

Panic Selling Landa Bursa Asia, Bursa Tokyo Drop hingga 6% - CNBC Indonesia
"asia" - Google Berita
https://ift.tt/2ZO57I2
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Rubin Museum, Haven for Asian Art, to Close After 20 Years - The New York Times

It is the first major art museum in New York to close within recent memory. The museum had financial challenges and has faced accusations o...

Postingan Populer