Rechercher dans ce blog

Monday, March 2, 2020

Nyata, 'Perangsang' dari BI Bikin Rupiah Terbaik Kedua Asia! - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mengumumkan lima langkah penguatan kebijakan untuk memitigasi dampak penyebaran virus corona. 'Arahan' dari MH Thamrin mendapat respons positif dari pasar.

Pada Senin (2/3/2020) pukul 15:03 WIB, US$ 1 dihargai Rp 14.300. Rupiah menguat 0,28% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Kala pembukaan pasar, rupiah melemah tipis 0,07%. Sempat menguat beberapa saat, rupiah langsung melemah lagi dan dolar AS menembus Rp 14.400, terlemah sejak Mei 2019.

Kemudian datanglah pengumuman yang dinanti. Sekira pukul 14:30 WIB, Gubernur BI, Perry Warjiyo, dan seluruh anggota Dewan Gubernur tampil untuk menenangkan pasar.

Perry menyatakan, sebenarnya BI sudah menempuh langkah-langkah stabilisasi pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) pekan lalu. Kala itu, BI menurunkan suku bunga acuan, memperkuat operasi moneter, relaksasi kebijakan makroprudensial dengan memperluas Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIM), elektronifikasi Bantuan Sosial, sampai elektronifikasi keuangan pemda.

Namun hari ini terjadi perkembangan baru. Sejak pekan lalu, dan berlanjut sampai hari ini, pasar keuangan Indonesia mengalami tekanan dahsyat.

Ini karena perkembangan penyebaran virus corona yang semakin masif. Berdasarkan data satelit pemetaan ArcGis per pukul 15:03 WIB, jumlah kasus corona di seluruh dunia mencapai 89.074 dan korban jiwa adalah 3.048 orang.

"Yang menjadi isu adalah COVID-19 ini mulai menyebar ke berbagai negara. Ini yang memunculkan ketidakpastian pasar keuangan global. Ketidakpastian ii meningkat dan terjadi minggu kemarin," kata Perry dalam konferensi pers di kantor BI, Jakarta, Senin (2/3/2020).


[Gambas:Video CNBC]


Let's block ads! (Why?)



"asia" - Google Berita
March 02, 2020 at 03:46PM
https://ift.tt/2TcfyU6

Nyata, 'Perangsang' dari BI Bikin Rupiah Terbaik Kedua Asia! - CNBC Indonesia
"asia" - Google Berita
https://ift.tt/2ZO57I2
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Rubin Museum, Haven for Asian Art, to Close After 20 Years - The New York Times

It is the first major art museum in New York to close within recent memory. The museum had financial challenges and has faced accusations o...

Postingan Populer