Rechercher dans ce blog

Tuesday, January 7, 2020

Mata Uang Asia Fluktuatif, Rupiah Terjerembab ke Zona Merah Pagi Ini - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan pagi ini, Rabu (8/1/2020).

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot bergerak di zona merah dengan pelemahan 57 poin atau 0,41 persen ke level Rp13.935 per dolar AS pada pukul 08.21 WIB.

Nilai tukar rupiah sebelumnya dibuka dengan pelemahan 37 poin atau 0,27 persen ke level Rp13.915 per dolar AS. Adapun pada perdagangan kemarin, Selasa (7/1), rupiah ditutup menguat 66 poin ke level Rp13.878.

Sepanjang perdagangan pagi ini, rupiah bergerak pada kisaran Rp13.915 – Rp13.938 per dolar AS.

Rupiah melemah di saat sejumlah mata uang di Asia bergerak variatif terhadap dolar AS pada Rabu pagi, di antaranya won Korea Selatan yang melemah 0,94 persen, sedangkan yen Jepang memimpin penguatan dengan apresiasi 0,49 persen.

Dilansir Reuters, yen Jepang melonjak karena investor mencari aset safe haven setelah serangan roket di pangkalan AS di Irak memperbaharui kekhawatiran akan konflik yang lebih luas di Timur Tengah.

Roket ditembakkan pada beberapa sasaran termasuk pangkalan udara al Asad Irak, yang menampung pasukan AS, kata para pejabat AS kepada Reuters.

Pentagon mengatakan rudal diluncurkan dari Iran, sementara kantor berita Iran Mehr melaporkan serangan itu diluncurkan oleh Korps Pengawal Revolusi Islam Iran.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah upayaca pemakaman komandan militer Iran yang terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad pekan lalu.

"Ini dengan cepat membuat pasar beralih ke mode risk-off," ungkap Ashley Glover, Kepala Perdagangan Penjualan Asia-Pasifik di broker CMC Markets, seperti dikutip Reuters.

"Sekarang investor akan bersikap wait and see. Ini hanya perdagangan awal Asia saat ini, jadi akan ada lebih banyak likuiditas yang masuk begitu kita melihat aksi balasan lebih lanjut,” ungkapnya.

Sementara itu, indeks dolar AS yang melacak pergerakan greenback terhadap mata uang utama lainnya terpantau melemah 0,172 poin atau 0,18 persen ke level 96,833 pada pukul 08.12 WIB.

Sebelumnya, indeks dolar dibuka di zona merah dengan pelemahan 0,171 poin atau 0,18 persen di posisi 96,834, setelah pada akhir perdagangan Selasa ditutup menguat 0,334 poin atau 0,35 persen ke level 97,005.

Let's block ads! (Why?)



"asia" - Google Berita
January 08, 2020 at 08:55AM
https://ift.tt/37Jchjv

Mata Uang Asia Fluktuatif, Rupiah Terjerembab ke Zona Merah Pagi Ini - Bisnis.com
"asia" - Google Berita
https://ift.tt/2ZO57I2
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Rubin Museum, Haven for Asian Art, to Close After 20 Years - The New York Times

It is the first major art museum in New York to close within recent memory. The museum had financial challenges and has faced accusations o...

Postingan Populer